Kamis, 01 Desember 2016

Dimensi Tindakan Dalam Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial

09.19 Posted by TyasSiti Nur Asiyah No comments

            Tindakan sosial merupakan dimensi PIPS yang penting karena tindakan dapat memungkinkan siswa menjadi peserta didik yang aktif . mereka pun dapat belajar berlatih secara konkret dan praktis dengan belajar dari apa yang diketahui dan terpikirkan tentang isu-isu sosial untuk dipecahkan sehingga jelas apa yang akan dilakukan dan bagaimana caranya peserta didik menjadi warga negara yang efektif di masyarakat
            Dimensi tindakan sosial dapat dibelajarkan pada semua jenjang dan semua tingkatan kelas kurikukum IPS melalui tiga model aktivitas sebagai berikut.
1.      Percontohan kegiatan dalam memecahkan masalah dikelas seperti cara bernegosiasi dan bekerja sama. Misalnya peserta didik dapat memberikan alternatif cara belajar kepada guru agar menjadi lebih nyaman dan efektif di kelas.
2.      Berkomunikasi dengan anggota masyarakat dapat diciptakan. Misalnya peserta didik dapat diberi tugas untuk mewawancarai pedagang, petani ataupun anggota masyarakat lainnya agar mereka terbiasa dan terlatih untuk berkomunkasi dengan masyarakat.

3.      Pengambilan keputusan dapat menjadi bagian kegiatan kelas, khususnya pada saat siswa diajak untuk melakukan inkuiri. Misalnya peserta didik diminta untuk memutusan suatu keputusan dari masalah atau memberi suatu solusi penyelesaian dari apa yang sedang dibahas di kelas pada sesi tanya jawab. 

0 komentar:

Posting Komentar